Beranda > Uncategorized > USBN PAI Menyisakan Beberapa Pekerjaan Rumah

USBN PAI Menyisakan Beberapa Pekerjaan Rumah

4 April 2012

Ada beberapa hal yang perlu dijadikan koreksi mengenai penyelenggaraan USBN PAI Sekolah Umum yang baru saja selesai, diantaranya :

1. Jumlah amplop soal tidak dihitung berdasarkan jumlah kelas melainkan jumlah siswa, sehingga ada beberapa kelas yang tidak kebagian amplop soal. Masalah ini dapat ditemui pada USBN PAI SMA/SMK yang kelas 12-nya terdiri atas beberapa jurusan.
2. Kemasan soal USBN PAI SD yang menggunakan kardus dianggap terlalu memakan tempat sehingga menyulitkan proses penyimpanan maupun pendistribusiannya.
3. Proses pelaporan rekap data hasil ujian kurang terencana dengan baik sehingga beberapa sekolah langsung melaporkannya ke Kantor Kementerian Agama. Alangkah baiknya jika hasil ujian tersebut di pool dulu ke sub rayon (SMK/SMA, SMP) atau UPT Pendidikan (SD) masing-masing.

Kelemahan tersebut memang masih dalam batas wajar mengingat Kementerian Agama baru pertama kali mencetak dan mendistribusikan soal USBN PAI Sekolah Umum. Namun, diharapkan hal ini dapat dibenahi dalam penyelenggaraan mendatang sehingga pelaksanaan USBN akan dapat lebih lancar lagi.  (sug)

%d blogger menyukai ini: