Pengumuman DMS

8 Juni 2012 Komentar dimatikan

Berikut kami kirimkan pengumuman hasil seleksi Program DMS beserta undangan studium general.

Pengumuman Ketua LPTK Nomor: UIN.02/DT/PP.00.9/2581/2012
Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan lslam Nomor: 577 Tahun 2012 tentang Peserta Program Kualifikasi Sarjana (S1) bagi Guru RA, MI, dan PAI pada Sekolah melalui Dual Mode System (DMS) pada LPTK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2012 tanggal 21 Mei 2012, maka diumumkan bahwa nama-nama yang tercantum dalam lampiran pengumuman ini dinyatakan diterima sebagai mahasiswa DMS pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Fakultas Tarbiyah dan Bahasa IAIN Surakarta Tahun 2012 s/d 2014.
Bagi mahasiswa DMS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kegiatan perkuliahan akan mulai pada hari Sabtu, tanggal 9 Juni 2012.

Info selengkapnya silakan download :

Pengumuman Ketua LPTK Nomor: UIN.02/DT/PP.00.9/2581/2012

Lampiran Pengumuman Hasil Seleksi

Undangan Studium General Program DMS

Undangan UKA Guru Madrasah Minggu 3 Juni 2012 (Kuota Tambahan)

28 Mei 2012 Komentar dimatikan

Bp/Ibu Guru yth,

Berikut kami kirimkan undangan sebagaimana tersebut di atas, dengan daftar peserta tercantum pada Lampiran SK Dirjen No.574/2012

Permintaan Data Koodinat dan Foto Identitas Madrasah

23 April 2012 Komentar dimatikan

Yth. Kepala Madrasah, berdasarkan surat Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor Kw.11.4/4/PP.00/4709/2012 tanggal 9 April 2012, berikut kami kirimkan permintaan data lokasi geografis madrasah Saudara menggunakan google map dengan langkah-langkah seperti yang tersedia pada situs web EMIS pada menu FAQ sub menu “Cara Mencari Titik Koordinat”.

Setelah Saudara mengetahui titik koordinat madrasah Saudara, harap kemudian mengisi blangko ini dan kemudian dikirim ke Seksi Mapenda Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo paling lambat Rabu, 2 Mei 2012.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan mengirimkan operator EMIS (tenaga komputer) pada madrasah Saudara ke Seksi Mapenda dengan membawa laptop wifi + modem.

Selain itu Saudara diharap mengumpulkan foto-foto madrasah, terdiri dari:

1. Foto papan nama madrasah

2. Foto bagian dalam kelas (kondisi terbaik)

3. Foto bagian dalam kelas (kondisi terburuk)

4. Foto bagian dalam toilet guru/siswa (kondisi terbaik)

5. Foto bagian dalam toilet guru/siswa (kondisi terburuk)

6. Foto tambahan: Sarana olahraga, ruang kepala (bagian dalam), UKS (bagian dalam), laboratorium (bagian dalam)

Keterangan foto harap dicantumkan di belakang foto masing-masing, kemudian disetor ke Seksi Mapenda Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo bersama dengan blangko titik koordinat madrasah yang telah diisi. Terima kasih.  (sug)

BOS Sudah Cair

23 April 2012 Komentar dimatikan

Diberitahukan kepada pengurus madrasah bahwa dana BOS sudah dicairkan. Waktu pencairan dilaksanakan sekitar pertengahan Maret 2012 (triwulan I, periode Januari-Maret 2012) dan pertengahan April 2012 (triwulan II, periode April-Juni 2012). Harap Saudara memeriksa rekening BOS madrasah Saudara dan selanjutnya melaporkan kepada kami berupa fotokopi print out rekening (yang ada bukti transfer masuk 2 periode di atas).

Selain itu harap Saudara meng-copy panduan BOS (revisi) yang ada di Mapenda Purworejo dengan membawa flashdisk (bagi yang belum). Terima kasih.  (sug)

Rekrutmen Peserta Kualifikasi S1 bagi Guru melalui Program DMS Tahun 2012

5 April 2012 Komentar dimatikan

Program Peningkatan Kualifikasi Sarjana (S1) bagi Guru Raudlatul Athfal, Guru Madrasah, dan Guru Pendidikan Agama Islam melalui Program Dual Mode System (DMS) merupakan crash program di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN)/Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang telah ditunjuk oleh Direktur Jenderal. Program ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi tuntutan perundang-undangan yang berlaku (Undang-Undang No.14/2005, Peraturan Pemerintah RI No.19/2005, dan Peraturan Pemerintah RI No.74/2008) yang menyatakan bahwa pada tahun 2015 guru di semua jenjang pendidikan formal harus berkualifikasi S1/D4.

Persyaratan bagi calon peserta adalah sebagai berikut:

a. Guru RA/MI/PAIS yang terdaftar di Kementerian Agama
b. Belum memiliki kualifikasi akademik sarjana S1/D-IV dari LPTK.
c. Minimal berlatar belakang pendidikan D-II/D-III Kependidikan dari program studi yang terakreditasi dan/atau lulusan MA/SMA/sederajat, dibuktikan dengan fotokopi ijasah dengan/tanpa legalisir.
d. mendapatkan rekomendasi/izin dari Kepala Madrasah/Sekolah/dan atau Kepala Kementerian Agama/Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat bagi guru yang berstatus PNS, dan ijin dari Kepala Madrasah/Sekolah bagi guru yang berstatus non PNS.
e. Berusia maksimal 58 tahun pada tahun 2015.
f. Mengisi formulir biodata calon peserta

Berkas pendaftaran diserahkan ke Seksi Mapenda Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo paling lambat tanggal 11 April 2012 (rangkap). Untuk selanjutnya diadakan tes awal yang jadwal pelaksanaannya diumumkan menyusul. Kuota peserta beragam karena ditentukan oleh anggaran DIPA masing-masing LPTK.

Masa berakhirnya pendidikan program ini adalah hingga tahun 2014, sehingga apabila setelah tahun tersebut peserta belum menyelesaikan studinya maka biaya kuliah ditanggung oleh peserta bersangkutan.

Untuk informasi lengkap silakan menghubungi Seksi Mapenda Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo.  (sug)

USBN PAI Menyisakan Beberapa Pekerjaan Rumah

4 April 2012 Komentar dimatikan

Ada beberapa hal yang perlu dijadikan koreksi mengenai penyelenggaraan USBN PAI Sekolah Umum yang baru saja selesai, diantaranya :

1. Jumlah amplop soal tidak dihitung berdasarkan jumlah kelas melainkan jumlah siswa, sehingga ada beberapa kelas yang tidak kebagian amplop soal. Masalah ini dapat ditemui pada USBN PAI SMA/SMK yang kelas 12-nya terdiri atas beberapa jurusan.
2. Kemasan soal USBN PAI SD yang menggunakan kardus dianggap terlalu memakan tempat sehingga menyulitkan proses penyimpanan maupun pendistribusiannya.
3. Proses pelaporan rekap data hasil ujian kurang terencana dengan baik sehingga beberapa sekolah langsung melaporkannya ke Kantor Kementerian Agama. Alangkah baiknya jika hasil ujian tersebut di pool dulu ke sub rayon (SMK/SMA, SMP) atau UPT Pendidikan (SD) masing-masing.

Kelemahan tersebut memang masih dalam batas wajar mengingat Kementerian Agama baru pertama kali mencetak dan mendistribusikan soal USBN PAI Sekolah Umum. Namun, diharapkan hal ini dapat dibenahi dalam penyelenggaraan mendatang sehingga pelaksanaan USBN akan dapat lebih lancar lagi.  (sug)

Info Entry EMIS (2)

22 November 2011 Komentar dimatikan

Tenaga EMIS madrasah yth,

Untuk pengisian Data Umum halaman 1, Nomor SK Lembaga diisi SK Akreditasi terakhir, atau SK NSM bagi madrasah yang belum terakreditasi.

Sedangkan untuk pengisian data siswa, inilah rambu-rambunya. Silakan cek.

Riwayat Status Kepegawaian PNS diisi minimal 3 SK, yaitu SK CPNS, SK PNS, dan SK Pangkat/Golongan terakhir.

Urutan skala prioritas entry data EMIS adalah sebagai berikut: 1.Data Umum, 2.Data Personal, 3.Data Siswa

Oh iya untuk Tahun Statistik harap diisi 2011.

Terima kasih atas kerjasamanya. (sug)